Selasa, 15 April 2014

MARI MERENUNG MELIHAT DIR SENDIRI



Adat agama dan budaya
Sekilas Tentang Cuntaka

CUNTAKA

I.                   Arti Cuntaka
Cuntaka maarti nenten suci manut pandangan Hindu. Sane mawasta nenten suci inggih punika keadaan sane ngeranayang goyah, nenten tenang, nenten mantep ngelaksanayang upacara Agama Hindu.

II.                Sane Ngeranayang Cuntaka/ Sebel:
1.      Seda/ padem (kematian)
2.      Wiwaha (perkawinan)
3.      Ngembas rare (melahirkan)
4.      Kruron (menggugurkan)
5.      Sebel kandel (kotor kain)
6.      Mitra ngalang (kumpul kebo)
7.      Agamya gamana/ salah timpal
8.      Sakit ila/ gering agung
9.      Bobot tan maduwe laki
10.  Lekad rare tan maupakara wiwaha
11.  Cilaka (tan dados menek bajang)
12.  Cuntaka ngelarang Sad Atatayi
13.  Cuntaka manak salah
14.  Cuntaka menolong kematian
15.  Cuntaka melayat/ mejenukan

Tios ring punik wente taler mawit buron, kayu muwah tiosan, minakadi:
1.   Ubuan sampi, kebo, kambing, celeng, yan masuk genah suci, taler ngeranayang letuh/ cuntaka. (Yening anggen upacara nenten ngeletehin.)
2.      Kayu/ entik-entikan sane mentik ring setra, sander kilap taler leteh.
3.      Bunga sane mentik ring setra, bunga Sari Lonto, Sungenge taler leteh.
4.      Alat-alat/ pangangge kematian taler leteh.
5.      Pangangge anak sebel kandel taler leteh, muwah sane tiosan.

III.             Lami lan Upacara Pabersihan Cuntaka lan Sane Patut Cuntaka.

1.      Cuntaka Sebel Kandel (haid/ datang bulan)
·    Lamine                   : selami kotor paling gelis 3 dina.
·    Sane cuntaka          :  dewek ipun, pangangge lan genah sirepnyane.
·    Upacara pabersihan: keramas, maprayascita.

2.      Cuntaka Ngembas Rare (melahirkan)
·    Lamine                   : abulan pitung dina (42 hari)
·    Sane cuntaka          : meme, bapa, pianak lan umah genahnyane.
·    Upacara pabersihan:
1)      Wawu embas                          : banten pakomel/ dapetan.
2)      Tutug katelun                          : banten kepus puser/ nelahin.
3)      Tutug 12 dina                          : upacara ngalepas aon.
4)      Tutug 42 dina/ kambuhan        : macolongan.

3.      Cuntaka Kruron (menggugurkan kandungan)
·    Lamine                   : abulan pitung dina (42 hari)
·    Sane cuntaka          : meme, bapa, umah genahnyane.
·    Upacara pabersihan: prayascita, byakaonan, malukat.

4.      Cuntaka Sakit Ila/ Gering Agung muwah tiosan
·    Lamine                   : selami ipun sungkan.
·    Sane cuntaka          : ragane, panganggone, pameremane.
·    Upacara pabersihan: yan sampun kenak, malukat prayascita byakaonan.
·    Upakara ring Desa Adat: sesayut prayascita, peras panyeneng, panglukatan genep, nunas tirta Ida Pandita, ketisang ring parahyangan, pawongan, palemahan.

5.      Cuntaka Wiwaha
·   Lamine           : saking nganten jantos upacara pasakapan/ byakala, prayascita, padengen-dengenan.
·    Sane cuntaka          : anten lanang istri, umah genah anten.
·    Upacara pabersihan: pasakapan/ byakala, prayascita, padengen-dengenan.

6.      Cuntaka Agamya Gamana (bapa ngambil pianak, sameton sodet ngambil sameton, ngambil rerama, m.s.l)
·    Lamine                   : sadurung kapalasang lan upacara
·    Sane cuntaka          : lanang istri, lan paumahan, desa pakraman.
·    Upacara pabersihan: sasampune kapalasang, macaru ring pempatan agung lan masuci ka segara/ makiis Ida Bhatara sajebag desa adat.

7.      Cuntaka Salah Timpal (jadma atemu lawan buron)
·    Lamine                : sadurung desa adat pakraman lan sane lumaksana kaupakarain manut sastra.
·   Sane cuntaka      : jadmane sane malaksana, lan desa adat makasami jantos parahyangan, pawongan lan palemahan.
·    Upacara pabersihan: banten pateh ring Gamya Gamana, sekadi (manut lontar Catur Cuntaka):
1)      Banten itik ginuling 1, ayam putih kuning 2, bawi ginuling 1, pisang kembang, pisang jati, pangiring tadah pawitra, jambul samah, lis amanca warna, isuh-isuh sato, sesari 777, beras 7 catu, pisang, gendis, kelapa, lawa satukel, sageneping sasantun, cucupaning carat susunia anut Saptawara.
2)      Genah upacara ring pempatan agung kapuput antuk sang Maha Pandita.
3)   Tios punika taler masuci ka segara jadmane sane malaksana, raris natab pabersihan byakala, durmanggala, lan prayascita.
4)   Desa Adat ngawentenang pacaruan Panca Kelud ring pempatan agung, samaliha pratima palinggan Bhatara masuci ka segara.

8.      Cuntaka Jadma Bobot Durung Kaupakara
·    Lamine                   : selami ipun durung masakapan/ kaupakarain
·    Sane cuntaka          : jadmane sane bobot, lan genah sirep ipun.
·   Upakara pabersihan: banten pasakapan byakaonan, prayascita, padengen-dengenan, kasaksi prajuru.

9.      Cuntaka Mitra Ngalang
·    Lamine                   : jantos upakara masakapan.
·    Sane cuntaka          : makalih lanang istri.
·   Upakara pabersihan: byakaonan, prayascita, padengeng- dengenan/ pasakapan kasaksi antuk prajuru adat.

10.  Cuntaka Jadma Lekad Tan Maupacara Daweg Bobotanga (anak astra, anak bebinjat) anak durung yayah ipun wiwaha (masakapan)
·    Lamine                   : sadurung pakara
·    Sane cuntaka          : anak punika, ibune, umah genahnyane.
·    Upakara pabersihan: byakaonan, prayascita, padengen-dengenan, yayah renan ipun tur ipun kaupakarain sekadi anak biasa.

11.  Cuntaka Ngalaksanayang Sad Atatayi (Agnida/ Nunjelin, Wisada/ Ngaracun, Atharwa/ Ngaleakin, Sastraghna/ Ngamuk, Dratikrama/ Marikosa, Raja Pisuna/Ngapisunain)
·    Lamine                   : sadurung maupacara pasucian.
·    Sane cuntaka          : jadma sane malaksana, lan genah umah ipun.
·    Upakara pabersihan: byakaonan, prayascita, malukat.

12.  Cuntaka Kematian
·         Kematian/ seda/ padem wenten makudang soroh:
Ø  Pati/ seda biasa antuk sungkan
Ø  Salah pati/ seda kecelakaan
Ø  Ulah pati/ seda nyedang raga.
·         Cuntaka seda/ kematian ngaranayang sebel/ cuntaka:
a.       Banjar adat: yening polih banjar nenten banjare tutupan saantukan karya Dewa Yadnya.
Cuntaka Banjar adat yening seda dadakan:
Ø  Lamine                 : 3 dina
Ø  Sane cuntaka        : sami warga banjar adat
Ø  Upakara                : byakaonan, prayascita.
b.      Sameton ngarep apamedalan/ sameton ngarep
Wenten 12 rahina, 15 rahina, 17 rahina, wenten 42 rahina.
Manut Lontar Catur Cuntaka:
1)      Wangsa Jaba         : 37 dina cuntaka
2)      Wangsa Wesya     : 27 dina cuntaka
3)      Wangsa Ksatriya  : 24 dina cuntaka
4)      Wangsa Brahmana: 7 dina cuntaka
c.   Yening Pandita kematian ring Griyannyane wantah cuntaka 3 rahina. Nanging Sang Pandita nenten wenten cuntaka.
d.    Pemangku nenten kena cuntaka, yening anak tiosan seda/ padem. Nanging yenng kulawarga dane padem, pemangku cuntaka 7 rahina, sasampunan pemangku ngaturang/ nunas panyapuhan panyucian raga.
e. Yening Pandita Nabe lina, pemangku cuntaka 12 rahina, tur sasampune maprayascita sisya Idane cuntaka 14 rahina, sapunika taler maprayascita.
f.       Yening Dang Acarya (Guru) lina, cuntaka wantah 3 rahina, yening istri/ putri guru seda, cuntaka wantah 1 rahina wengi.
g.     Kulawarga sapinda (saking kumpi jantos cucu) lan samanodhaka (sejajar) yening mireng sameton magenah doh seda, yening sadurung dasa dina mireng seda punika, polih cuntaka ngenepang dasa rahina. Yening sampun liwat 10 rahina wawu mireng orti seda, keni cuntaka 3 rahina wengi.
h.   Yan seda rare durung kepus pungsed, abulan pitung dina yayah renan ipun cuntaka jantos semeton ngarep.
i.        Yan seda rare sampun maketus pungsed, durung makupak, 21 rahina cuntaka.
j.        Yan mitra/ kinasihan seda, cuntaka wantah arahina, panyucian prayascita.
k.      Yan gegelan seda (tunangan seda), sane maduwe gelan punika cuntaka wantah 3 rahina.
l.       Cuntaka nulungin ngisidang sawa ring margi, ring rumah sakit muwah tiosan tan wenten hubungan sameton, cuntaka wantah arahina jantos masiram.
m.    Cuntaka kruron rare sampun mayusa 6 sasih, pateh cuntakane sekadi rare seda durung kepus puser, cuntaka 42 rahina.
n.    Yening kruron rare durung 6 sasih, cuntaka sekadi kruron biasa, yayah rena kawentenan cuntaka 42 rahina.
o.      Yening wangke kantun ring umah, cuntaka tetep, yening sampun ngirim ka setra tur upakara pasucian mapegat wawu dados makarya upakara suci, yening tutug wates cuntaka.
·         Upakara penyucian cuntaka kematian
Ø  Pabyakaonan asoroh, banten penglemijian lengkap asoroh, sesayut prayascita, lis, sesayut durmanggala, sesayut durmimita (prayascita luwih, panyeneng soang-soang, sesayut lengkap).
Ø  Kahaturang ring Ida Sang Hyang Widhi, ring kabuyutan suci asoroh, sorohan aprangkatan, sesayut prayascita luwih asoroh, sesayut durmimita asoroh, panyeneng, sesampune puput ring merajan, lanjutang ka pekarangan selantur ipun katiba ring sarwa janane/ kulawarga sami nunas penyucian/ pabersihan.
Ø  Manut desa, kala, patra upacara penyucian ring arep kadulurin antuk pacaruan ring pamerajan lan natar pakarangan sanistane caru eka sata ayam brumbun.

13.  Cuntaka Kematian Anak Istri Mobot
Jantos 3 rahina rarene nenten medal ngaranayang leteh bhuana agung, bhuana alit, nenten dados kaabenang sadurung jangkep tugtug wates waktun ipun manut sastra Catur Cuntaka:
Ø  Sang Brahmana sasampune awarsa.
Ø  Sang Ksatriya sasampune 2 warsa.
Ø  Sang Wesya sasampune 3 warsa.
Ø  Sang Sudra/ Jajaran sasampune 12 warsa.
Yening kaabenang sampun tugtug wates ipune patut wenten banten paimbuh pamarisuda sakadi Agni Nglayang, sarwa mantra wija tiksna, lan panebusan ring setra, parahyangan Dalem ring Bhatari Durgha.

14.  Cuntaka Manak Salah (rare buncing, sane lanang dumunan embas/ lekad)
Ø  Yayah renanya kagingsiran saking paumahannya ring setra selami 42 rahina, tan dados nginep budal (ulang ulih)
Ø  Upakara sasampune budal saking setra, malukat maparisuda padudusan antuk Catur Kumba ring Catuspata (Pempatan Agung). Pondokne ring setra karubuhang tur katunjel kaketisin tirta pamrelina.
Ø  Jadmane punika kadudus ring banten padudusan, tataban sasayut sampurna.

Catatan:
·    Manut jadmane mangkin, makeh sampun mamurug nenten ka setra, wenten sane netepang upakarane, wenten sane nenten, saantukan geguat adat durung pastika.
·      Wenten taler kepercayaan para panglingsir, yening para agung maduwe putra buncing, ciri gumine landun (?).
·       Banten Padudusan ring Catuspata (Pempatan Agung): Kumba 4, bungkak manca warna, kinasturi (nyuh bulan susu 5, nyuh udang susu 9, nyuh gading susu 7, nyuh mulung susu 4, nyuh sudamala susu 8). Pinuja dening panca mertha muang payuk 4, dangdang 1, kekeb 1, kumba carat susu anut wewaran, macucukan itik putih, ayam sudamala, kucit plet/ butuhan, tepung tawar, segau, lis manca warna, kukusan, dui-dui, lalang 108, jinah 25.
Ø  Ikang padudusan pinuja dening sarwa prayascita, sajen Brahma, Bhwaneswari, asta pungku.
Ø  Muang angadekaken sanggar tawang caru suci 4 dandanan jangkep, sairing uduh peji, gedang atut pusuh wohnia, pusuhnia, wastra saparadeg, jinah 400 munggah ring sanggah. Ring sor guling bebangkit, pamugbug kagesining panggungan, tegen-tegenan magelar sanga genep, peras.
Ø  Sang Angrayanin, daksina nia sari 2700
Ø  Sang Sogata daksina sari 2500
Ø  Sang Bhujangga dkasina sari 2250, muang peras sajangkepnyane.

15.  Cuntaka Mati Salah Pati
·         Mati kabangawan/ hanyut.
·         Sander kilap, ulung, tabrakan, urugan, tepen kayu, muah sane tiosan.
Makarya upakara panebusan ring genahe seda/ padem, yaning tan kapanggih nebusin ring Pempatan Agung.
Banten panebusan ngangge peras daksina, rantasan putih kuning, panyeneng, ngangge don dapdap 3 bidang angge ngambil tanah genah kematian, raris kagenahang ring daksina, jagi bakta budal. Dulurin segehan cacahan ring genahe seda lan pamogpog di sampune tiba ring pamedalan.
Pangayate ring Bhatara Ibu Pertiwi utawi ring Dewa Wisnu yaning hanyud.
Cuntakane saking ngawit padem jants puput pangiriman lan tugtug ngarorasin jantos macaru.
Layon sang mati salah pati ring genah tios ring umh ipun, patutne langsung bakta ka setra kapuputang irika. Wenten taler jantos di jaba kewanten, yaning ngaben mangda tugtug atahun.

16.  Mati Alih Pati- Padem/Seda Nyedayang Raga
Pateh sekadi ring ajeng sakewanten upakara pangabenan nganut sengker paling tan 3 tahun.

17.  Mati ulah pati padem kasedayang anak tiosan sakadi karacun, katusuk, masiat, muah tiosan, pateh kadi ring arep.

18.  Cuntaka Jadma “Cilaka”, jadma sane pantes menek bajang, sampun kaubadang taler tan prasida, wenten ngorahang kumbeng- punika tan dados kagenah suci, makarya banten, ngaryanang Pandita rayunan. Lamine cuntaka jantos ipun sebel/ haid tur maupakara ngaraja sewala.

Tambahan I
Cuntaka indik atiwa-tiwa (mapendem, ngeseng, ngalungah)
1.      Cuntaka banjar adat/ pakraman, 3 rahina saking pangiriman.
2.   Cuntaka sameton ngarep sapinda saking sameton kumpi/ kompyang, lamine paling kidik 7 rahina, paling suwe 42 rahina, nganut wangsa lan desa kala patra. Bates wusan cuntaka prayascita byakaonan ring banjar, papegatan/ pangelemigian lan pacaruan ring sameton/ pangarep.
3.      Cuntaka sane ngarepin sawa saking padem/ seda jantos wusan mapegat lan macaru.
4.      Cuntaka yaning tumandang manteri (ngalanus) sarahina wengi sasampune mapegat lan macaru.
5.      Cuntaka nangun/ ngaben tanpa sawa sakadi ngasti wedana, nyuasta, cuntaka kaambil saking:
a.       Ngangkid/ ngulapin/ ngaplugin.
b.      Makarya sikut wadah.
c.       Nyumunin padewasan makarya.
6.      Cuntaka “Nyekeh Layon”
Yaning wenten warga nyekeh layon saantukan, ngarereh dewasa ayu, saantukan karya agung ring Besakih, miwah tiosan:
a.       Cuntaka banjar saking nyiramang 3 rahina lamin ipun. Yan sampun olih dewasa, malih saking pangambilan karya nunas pakaryan banjar jantos 3 rahina wusan pangiriman.
b.      Cuntaka sane ngaraksa sawa, apemusuan lan pisaga aneh, cuntaka selami sawa puniki magenah/ sadurung kakirim ka setra.
c.       Cuntaka sameton sapinda (sameton ngarep sakadi tunggalan dadia), cuntaka 12 rahina utawi lebih sasampune palebon/ ngirim.
7.      Tutupan Cuntaka
a.   Yaning wenten pangalang sasih ring parahyangan jagat/ parahyangan desa saantukan wenten karya Dewa Yadnya, yaning wenten wong desa padem/ seda apitung rahina sadurung karya, tan dados nyuarayang kulkul banjar, tan dados masuara gong yaning kakirim ka setra. Sane nyanggra atiwa punika wantah banjar pangele (panyeledii, tur sasampune kapendem/ katunjel, cuntaka pangele punika 3 rahina).
b.    Wenten taler wong padem punika kasepiang, kasirepang, jantos ring pura puput upacarane. Sane pangarep cuntaka tan dados ka pura.
c.     Yaning kulawarga pemangku seda, risedekan jro mangku ngayah di palinggih, jro mangku punika nenten budal-budal, jantos ring jumah dane sampun suci malih/ wusan ngarorasin.
d.      Yaning wenten sinalih tunggil warga makarya hayu tur nunas pangalang sasih lan pasadok ring Kelian Banjar, yaning ring babanjaran dane wenten kematian, karya hayu punika kalanturang jantos puput.

Dewasa Atiwa-Tiwa
I.       Dewasa Ayu
·      Redite wage landep, redite umanis ukir, redite umanis warigadean, redite umanis krulut, redite umanis nuju indra, wrespati kliwon nuju guru, buda pon nuju brahma, redite pon nuju kala, sukra pon nuju sri.
·         Wewaran nuju beteng, kajeng, was.

II.    Malaning Dewasa
·    Purnama, tilem, anggara kasih, buda kliwon, tumpek, piodalan di khayangan desa/ jagat, semut sadulur gede (3x), kala gotongan gede (3x), ingkel wong (?).
·         Larangan-larangan tiosan:
1.  Kala gotongan – saptawara dan pancawara uripnia 14 à sukra kliwon (14), saniscara umanis (14), redite paing (14).
2.      Semut sadulur à nuju saptawara lan pancawara uripnia 13 (sukra pon 13, saniscara wage 13, redite kliwon 13).
3.      Gagak anungsang pati – tanggal ping 3; panglong ping 1, 6, 14.
4.      Larung pagelaran – wrespati tanggal/ panglong ping 6.
5.      Was penganten:
§  Ring awuku madaging 2 was (tolu – ring redite lan saniscara dungulan – ring redite lan saniscara menail – ring redite lan saniscara dukut – ring redite lan saniscara sane madaging was).
6.      Kalebu Rau:
§  Wuku landep – redite wage
§  Wuku ukir – redite umanis
§  Wuku gumbreg – sukra paing
§  Wuku wariga – anggara umanis
§  Wuku warigadean – redite umanis
§  Wuku langkir – anggara pon
§  Wuku medangsia – redite pon
§  Wuku krulut – buda paing
§  Wuku merakih – saniscara paing
§  Wuku medangkungan – wrespati wage
§  Wuku matal – anggara wage lan buda kliwon
§  Wuku uye – anggara umanis
§  Wuku bala – anggara paing
§  Wuku ugu – saniscara kliwon
§  Wuku wayang – redite wage
§  Wuku klawu – sukra umanis
§  Wuku dukut – buda umanis
§  Wuku watugunung – redite kliwon (semut sadulur)
7.      Rerainan jagat
§  Galungan, Kuningan
§  Karya Agung di Besakih (saking negtegang beras nyantos nyineb)
§  Nyepi, Siwaratri, Saraswati
§  Piodalan ring Kahyangan Desa
8.      Tiosan
§  Nuju pasah
§  Nyandung (ngepuanang mendem sawa ring setra asiki)
§  Ngajang à tan dados bulak-balik krama banjar ngarereh layon jagi pendem ring setrane asiki
§  Nginepang bangbang – manut desa mawacara
§  Prawani – tanggal/ panglong 14
§  Purnama, Tilem – tanggal/ panglong 15
§  Kala Prawani: Redite Sinta, Anggara Prangbakat, Buda Landep. Wrespati Tambir
§  Prawanining Sasih
Sasih I tanggal 10,                   Sasih II tanggal 7,
Sasih III tanggal 3,                  Sasih IV tanggal 6,
Sasih V tanggal 10,                 Sasih VI tanggal 8,
Sasih VII tanggal 12,               Sasih VIII tanggal 13,
Sasih IX tanggal 8,                  Sasih X tanggal 6,
Sasih XI tanggal 1,                  Sasih XII tanggal 14.
§  Ring desa pakraman wenten sane tan ngamargiang atiwa-tiwa nuju Ingkel Wong, Wrespati Kliwon.
Tambahan II
Lamine Cuntaka
      1.      Dalam Lontar Catur Cuntaka:
a.       Brahmana cuntaka 12 rahina
b.      Ksatrya cuntaka 15 rahina
c.       Sudra cuntaka 37 rahina
      2.      Dalam Lontar Krama Pura:
a.       Banjar cuntaka 3 rahina
b.      Misanan, mindon, mingtelu, 37 rahina
c.       Wesya cuntaka 27 rahina
d.      Ksatrya cuntaka 24 rahina
e.       Brahmana cuntaka 7 rahina
f.       Mangku kamatian ring umahnia 3 rahina. Yen Pemangku seda cuntaka paling kidik 12 dina
g.      Brahmana Pandita tan keneng cuntaka
h.      Pemangku tan keneng cuntaka marep wong len, yan panak putunia padem, cuntaka 7 rahina.
      3.      Cuntaka prabot sakadi dulang, bokor, m.s.l.
Yaning sampun bersihin toya utawi prayascita sampun ilang cuntakane.

Kaketus saking “Cuntaka lan Durmanggala” sane kakawi olih Ida Bagus Anom, Griya Kediri Paketan Kuwum Anyar Marga-Tabanan.

14 November 2012

Bali dan Agama Tirta


Air, Agama Tirta dan Pariwisata Bali
Oleh Sugi Lanus*


Ada yang dilupakan oleh sebagian besar masyarakat Bali dalam menata pembangunan Bali, yaitu air. Air dalam sejarah peradaban Bali memiliki peran paling vital, baik secara spiritual maupun material. Teknologi irigasi tradisional, pola pengorganisasian pembagian air, ritual dan demokrasi dalam penjatahan air di daerah-daerah pertanian, telah mengkristal menjadi ”institut” subak. Ini menjadi kebanggaan kita semua orang Bali, sebagai sebuah hasil kearifan masyarakat Bali. Walaupun kalau kita jujur, sebagian dari kita tak banyak mengerti kearifan leluhur yang diwariskannya dalam tradisi subak, karena kaki dan tangan generasi kita kebanyakan tak pernah menyentuh lumpur sawah dan tegalan. Kita lebih akrab dengan jalan raya, pertokoan, pelataran hotel, sekolah pariwisata dan institusi-institusi modern.

Agama masyarakat Bali, sebelum kemerdekaan dan era keindonesiaan, oleh generasi 1920-an lebih condong disebut sebagai Agama Tirta. Bacalah kembali dialog-dialog dalam bentuk tulisan di majalah atau terbitan era itu, yaitu Surya Kanta, Jatayu, dan Bali Adnyana.

Dalam nama Agama Tirta ini, secara verbal sudah menyatakan bahwa air/tirta menduduki posisi paling hakiki, dan paling sakral. Hingga kini, kalau kita amati secara mendalam, adakah sebuah upakara/ritual di Bali yang bisa di-puput tanpa tirta? Tidak ada. Upacara selalu terkait dengan mata air, beji dan patirtan. Tak ada pewalian atau odalan tanpa rangkaian mendak tirta (menjemput tirta). Ini sebuah bentuk sublim penghargaan terhadap ibu. Ini bisa kita lihat dari roh suci yang menjaga sumber air dan sungai selalu feminin, bergelar Dewi, Ratu Ayu, atau Batari. Bukankah ini sebuah warisan “pelajaran gender” dan feminisme yang diturunkan dalam ritual?

Dalam tradisi tani, bila sebuah subak mengawali sebuah masan nandur (masa tanam), selalu dimulai dengan upacara magpag toya (menjemput air). Upacara ini dilakukan di Ulun Suwi atau Bedogol. Yang secara alit (sederhana) dilakukan dengan sarana upakara berupa pejati, nasi takilan, beserta daging belalang. Yang lebih besar lagi atau utama, disertai dengan sebuah tumpeng legit agung. Kalau kita melihat dengan kaca mata “modern” atau “semiotik”, bukankah ini sebuah metafor penyelamatan lingkungan? Tidakkah ini sebuah pesan untuk menyadari bahwa air sebagai urat nadi dan napas kehidupan kita?

Secara spiritual, kearifan ini dijabarkan lewat ritual. Dalam prosesi ritualnya, masyarakat dipertemukan untuk melakukan pembagian kerja dalam membuat atau mempersiapkan segala aci-aci atau sesajinya. Bukankah ini sebuah mekanisme tradisional untuk menguatkan sosial kapital kita dengan yang bertumpu pada rasa selulung segilik, selulung sebayantaka dan paras paros?

Dalam masyarakat tani, penghargaan atas air dan kehidupan, menjelma dalam rasa bakti di hadapan Ida Batari Danu. Dalam upacara ngalapin (syukuran sebelum panen) di hadapan Batari Sri atau Nini. Institusi subak, Agama Tirta, Ida Batari Danuh/Dewi Danu, Dewi Sri, bertitik temu menjadi “mata air” peradaban Bali. Dari sinilah kesenian-kesenian Bali lahir, sebagai persembahan dan rasa syukur terhadap Dewi Sri dan Batari Danu. Dari tanah pertanianlah tradisi ngayah muncul.

Walaupun secara filosofis kita kebanyakan menyadarinya bahwa budaya kita bermula dari budaya agraris, ritus tani dan kearifan/penghargaan terhadap air, namun di dalam tindakan: kita sudah terlalu jauh mengkhianatinya. Atau, kita sebatas menjadikannya propagada dalam istilah Tri Hita Karana. Kita terlalu banyak berselingkuh dengan kepentingan-kepentingan untuk “memotong kompas” karena kita tidak sesabar leluhur kita dalam kesederhanaan hidup. Di tengah “badai ketergiuran” kita terpancing untuk bergerak maju secepatnya. Namun, apakah kita tahu sedang menuju ke mana kita? Tidakkah kita telah kehilangan arah dan keseimbangan? Tidakkah kita cenderung telah menjadikannya ritual dan budaya tani, kesenian-kesenian kita sebagai bahan baku yang kita jual?

Saya jadi teringat dengan kisah seorang petugas pertanian yang bertugas di sekitar kawasan Air Terjun Gitgit di utara Bali. Ia bercerita bahwa masyarakat di sana pernah berseteru karena air. Suatu hari, di musim kemarau, petani-petani di atas aliran air terjun memakai sebagian besar air untuk mengairi sawah, sehingga air terjun Gigit debit airnya sangat kecil. Pedagang-pedang acung dan pelaku pariwisata setempat protes kepada subak dan petani. Mereka berkata bahwa petani-petani di atas aliran air terjun telah merugikan mereka. Wisatawan-wisatawan kecewa dan tak mau singgah, praktis para wisatawan tak berbelanja. Tiket masuk tak terjual. Pemasukan desa berkurang.

Kita sekarang nampaknya sedang dihadapkan pada situasi memilih posisi dalam kasus di atas. Melukai petani dengan mengalirkan air untuk kepentingan wisatawan atau memihak petani dengan mengalirkan air untuk kepentingan persawahan? Tidakkah krisis air yang terjadi di wilayah pertanian dan pariwisata sebagai akibat kita terlalu berpihak pada “putra mahkota” pariwisata? Kita dituntut bersikap arif agar keduanya dapat tempat.

Kalau kita percaya bahwa subak, Agama Tirta, Batari Danuh/Dewi Danu, Dewi Sri adalah titik berangkat peradaban Bali, di tengah situasi kita yang seperti ini, sudah seharusnya kita merunut kembali silsilah peradaban kita. Kita mesti eling dan jagra, kembali ke titik mana kita berangkat, mata air peradaban kita.

Kita seharusnya melirik dan mengelu-elukan pertanian bukan hanya karena pariwisata sedang keok. Tetapi, atas kesadaran bahwa peradaban kita beribu pada pertanian (Baca: agama kita adalah Agama Tirta). Yang terpenting, harus ada pemetaan secara jelas daerah-daerah mana saja yang dipertahankan sebagai daerah pertanian dan menjamin kesejahteraan petani-petaninya agar mereka tidak terpancing menjual tanah pertanian mereka untuk dijadikan hotel dan art shop.

Menyadari bahwa pertanian adalah sight seeing dari wisatawan, dengan menghancurkan pertanian dan persawahan, sesungguhnya pariwisata sedang membunuh dirinya sendiri. Dan, kalau kita memilih untuk semata-mata mengalirkan air untuk waterfall (baca: pariwisata), tanpa perhatian pada pertanian, sebaiknya istilah Agama Tirta ini kita tambahi di belakangnnya dengan kata ‘wisata’: Agama Tirta Wisata.

Sumber:
http://berbudaya.com/2012/04/16/air-agama-tirta-dan-pariwisata-bali/
*Penulis alumnus Jurusan Sastra Bali Unu
KWANGEN SEBAGAI SIMBOLISASI OMKARA

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEfgh7P4vIwlNe-4-ANgcCuCpkywrWIrVwjzUCopbEIzM5REOfaNYpHjxtu5kvZgzuOpREeoCnfT5fItmnrpAAiykp_Af1tOK7RK3X0pwGVpWk3wVWlhvrOPQjgwwuE5FBPoy3n92wDZ4v/s1600/kwangen.jpg
Pelaksanaan keagamaan Hindu tak pernah lepas dari simbolisasi nilai-nilai agama yang diaplikasikan langsung ke dalam budaya lokal setempat daerah agama Hindu tersebut berkembang. Agama Hindu merupakan agama yang ritualnya dihiasi dengan sarana atau upakara. Ini bukan berarti upakara itu dihadirkan semata-mata untuk menghias pelaksanaan ritual. Pelaksanaan ritual dengan jenis upakara tertentu memiliki makna dan tujuan tertentu sesuai dengan jenis yadnya yang dilaksanakan. Demikian halnya yang terjadi di Bali, hampir sebagian besar dan bahkan secara keseluruhan nilai-nilai agama itu menjiwai kebudayaan Bali. Darah seni berkolaborasi dengan nilai religius keagamaan merasuk dalam nafas kreativitas orang-orang Hindu Bali. Begitu pula dalam pelaksanaan yadnya, baik sarana-sarana yadnya maupun hal-hal lainnya.

Upakara ritual agama Hindu di Bali kaya dengan jenis dan bentuk upakara. Baik dari bentuk yang paling kecil dan sederhana, sampai yang paling besar dan rumit. Sebagai contoh dalam pelaksanaan upacara keagamaan atau dalam persembahyangan diperlukan beberapa sarana, seperti penjor, gebogan, daksina, canang sari, dan sebagainya. Termasuk juga salah satunya berupa “kewangen”, namun sebelumnya kita bahas sedikit tentang canang sari sebagai sarana sembahyang umat Hindu di Bali.

Canang Sari
Canang berasal dari bahasa jawa kuno yang pada mulanya berarti sirih, yang disuguhkan pada tamu yang sangat dihormati. Jaman dulu, sirih benar–benar bernilai tinggi. Setelah agama Hindu berkembang di Bali, sirih itupun menjadi unsur penting dalam upacara agama dan kegiatan lain. Di Bali, salah satu bentuk banten disebut “Canang” karena inti dari setiap canang adalah sirih itu sendiri. Canang  belum bisa dikatakan bernilai agama jika belum dilengkapi porosan yang bahan pokoknya sirih.
Perlengkapan canang adalah alasnya dipakai ceper atau daun pisang berbentuk segi empat, di atasnya berturut – turut disusun plawa, porosan, urasari kemudian bunga.

Makna masing – masing perlengkapan canang :
Plawa adalah daun–daunan. Telah disebutkan dalam Lontar Yadnya Prakerti bahwa plawa merupakan lambang tumbuhnya pikiran yang hening dan suci, sehingga dapat menangkal pengaruh busuk dari nafsu duniawi.
Porosan adalah dari pinang dan kapur yang dibungkus daun sirih. Dalam Lontar Yadnya Prakerti disebutkan pinang, sirih dan kapur adalah lambang pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Tri Murti. Pinang lambang pemujaan pada Dewa Brahma, kapur lambang pemujaan pada Dewa Siwa, sirih lambang pemujaan pada Dewa Wisnu.
Urasari adalah jejahitan, reringgitan, dan tetuwasan sebagai lambang ketepatan dan kelanggengan pikiran dan lambang permohonan pada Tuhan Yang maha esa agar alam lingkungan hidup kita selaras dan seimbang.
Bunga adalah lambang keikhlasan. Apapun yang mengikat diri kita di dunia ini harus kita ikhlaskan sebab cepat / lambat dunia inipun akan kita tinggalkan.
Dalam Bhagawad Gita IX.26 disebutkan:
“Patram puspam phalam toyam yo me bhaktya prayacchati,
Tad aham bhakty-upahrtam asnami prayatatmanah”.
Artinya:
Siapapun yang dengan sujud bhakti kepada-Ku mempersembahkan sehelai daun, sekuntum bungan, sebiji buah-buahan, seteguk air, Aku terima sebagai bhakti persembahan dari orang yang berhati suci.

Berdasarkan sloka tersebut, unsur persembahan kepada Tuhan tidak mengikat, dapat berupa daun, bunga, buah, air dan lain-lain, asal diberikan dengan tulus ikhlas, diterima. Tanpa itupun juga boleh, sebagaimana dinyatakan dalam Rg Weda IV.25.8 jo Rg Weda VIII 70.3. Mengacu pada sloka tersebut, leluhur umat Hindu di Bali mengembangkan tatwa suci itu dengan kecerdasan lokal jenius yang mereka miliki (lokal wisdom). Maka munculah sebuah budaya “canang” sebagai wujud persembahan rasa syukur umat Hindu Bali atas segala yang ada di dunia ini. Karena kalau kita cermati, semua bahan untuk membuat “canang” itu berasal dari alam, alam adalah ciptaan Tuhan. Segala sesuatunya berasal dari Tuhan, lalu apa yang manusia persembahkan?. Manusia diberikan satu kelebihan dibandingkan semua ciptaan Tuhan yang lainnya, yaitu “idep” atau pikiran. Dengan mengolah pikiran, cipta, rasa dan karsanya leluhur umat Hindu di Bali membuat sebuah simbolisasi persembahan dengan mengaplikasikan sloka Bhagawad Gita tersebut ke dalam bentuk sebuah persembahan yang kita sebut dengan “canang”. Selain itu jika kita lihat juga “canang” yang lengkap dengan kembang rampainya terlihat menyerupai sebuah linggayoni, sebagai simbolisasi kesuburan dan penciptaan. Maka dari itu, diusahakan jika menghaturkan “canang” kalau bisa untuk membuat sendiri sebagai persembahan rasa syukur kita atas semua yang ada di dunia ini.
Jadi canang mengandung arti dan makna rasa syukur dan bhakti serta perjuangan hidup manusia dengan selalu memohon bantuan dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa, untuk dapat menciptakan, memelihara dan meniadakan yang patut diciptakan, dipelihara, dan ditiadakan demi suksesnya cita–cita hidup manusia yakni kebahagiaan.
Canang dari segi penggunaannya dan bentuk serta perlengkapannya ada beberapa macam, misalnya: Canang Genten, Canang Burat Wangi, Lenge Wangi, Canang Sari, Canang Meraka, dan lain – lain.

Kwangen
Kalau dikaitkan dengan huruf suci, kwangen merupakan sejenis upakara simbol “Omkāra”  (Niken Tambang Raras, 2006: 2). “Om”  adalah huruf suci, singkat dan mudah diingat. Demikian juga dalam bentuk upakaranya berupa “kewangen” memiliki bentuk kecil, mungil, praktis, dan indah serta berbau harum. Keharuman ”kewangen” ini adalah suatu tanda atau isyarat agar umat atau bhakta senantiasa mengingat, mengucapkan, dan mengharumkan nama suci Tuhan. Keberadaan “Kewangen” sangat penting dalam upacara persembahyangan karena memiliki makna simbolik yang dipuja yaitu Tuhan Yang Mahaesa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa). Sebagai simbolik Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa), tentunya “kewangen” dibuat dengan bentuk yang indah dari bahan-bahan yang indah juga dan harum. Hal ini dapat dimaknai bahwa Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) adalah indah, harum, dan suci sehingga menarik untuk dipuja dan dimuliakan. Dalam Siwagama disebutkan bentuk Kewangen Sebagai simbol “Omkara” dalam bentuk upakara, “kewangen” memiliki ukuran bentuk yang kecil, yaitu bagian bawah lancip dan bagian atas mekar seperti bunga sedang kembang. Kewangen biasanya terdiri dari: kojong dari daun pisang, plawa, porosan silih asih, pis bolong, sampian kewangen dan bunga-bunga harum yang ditusuk dengan semat (bilih bambu yang dibelah kecil-kecil). Semua bahan tersebut dipadukan atau disatukan. Porosan sisih asih dan pelawa dimasukan ke dalam kojong. Selanjutnya sampian kewangen, bunga-bunga harum, dan terakhir adalah pis bolong yang lobangnya diisi lidi (batang daun kelapa yang kecil) yang dilipat sehingga mudah ditancapkan.

Estetika Kewangen
Keindahan (estetika) hasil dari kreativitas manusia baik sengaja atau tidak, pada prinsipnya adalah untuk memenuhi kepuasan bathin atau rohani bagi pembuat karya itu sendiri dan bagi masyarakat penikmat. Kehidupan manusia dalam kesehariannya selalu memerlukan keindahan untuk memenuhi kepuasan bathinnya, baik yang diperoleh dari keindahan alami maupun keindahan karya manusia. Manusia tidak dapat dipisahkan dengan keindahan (estetika), karena keindahan sebagai penyeimbang logika manusia. Keindahan dan seni sebagai penghalus hidup manusia. Tanpa keindahan (estetika), hidup manusia akan terasa kaku dan kehilangan nilai rasa. Oleh karena itu kahadiran karya estetika sangat dibutuhkan manusia sebagai penghalus rasa dalam kehidupannya. Demikian juga halnya dalam simbol upakara ” Omkāra” dalam bentuk ”Kewangen” yang merupakan hasil buatan manusia yang mengandung nilai estetika. ”Kewangen” memang bukan karya seni, karena tidak sengaja diciptakan untuk keperluan seni. Akan tetapi tanpa disadari ”kewangen” yang merupakan sarana dalam persembahyangan umat Hindu di Bali memiliki keindahan (estetika). ”Kewangen ” sebagai sarana dalam persembahyangan yang ditujukan kepada Tuhan, hendaknya membawa suasana bathin yang indah, senang, suci, kusyuk dan nyaman sehingga memudahkan berkonsentrasi dalam memuja atau memulikan Tuhan. Karena itulah ”kewangen” dibuat dengan bentuk yang indah yang mampu menciptakan suasana senang, suci, kusyuk dan nyaman dalam sembahyang.
1. Unsur-unsur keindahan Kewangen
Untuk mewujudkan estetika “kewangen” diperlukan beberapa unsur yang mengandung makna tersendiri dalam persembahyangan dan mendukung terciptanya keindahan (estetika) pada pada bentuk “kewangen”. Adapun unsur tersebut antara lain:
1) Kojong kewangen
Kojong kewangen dibuat dari daun pisang, bagian bawahnya dibentuk lancip, bagian atas lebih lebar, dan bagian depan atas terlihat ada lekukan atau cekungan. Unsur ini dibentuk mengikuti kaidah-kaidah seni bentuk (seni rupa) sehingga bentuk yang ditampilkan indah untuk dilihat. Lekukan kojong kewangen melambangkan “Arda Candra”, badang kojong melambangkan “Suku Tunggal”.
2) Plawa
Pelawa adalah sejenis daun-daunan (cukup selembar), daun yang dimaksud bisa dari daun kemuning, daun pandan harum, daun kayu (puring) atau daun sejenisnya. Pelawa tersebut melambangkan ketengan dan kejernihan pikiran. Pelawa juga memiliki bentuk dan warna yang menarik sehingga dapat mendukung estetika “kewangen”.
3) Porosan silih asih
Porosan silih asih adalah dua lembar daun sirih yang digabung berhadaphadapan, ditengahnya berisi kapur sirih dan buah pinang. Porosan silih asih simbol dari kedekatan umat dengan Dewa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa). Unsur ini juga melengkapi keindahan komposisi dari bentuk “kewangen”.
4) Sampian kewangen
Sampian kewangen berbentuk cili dari daun kelapa (busung) dan dihiasi dengan bunga-bunga yang harum. Sampian kewangen sebagai simbol “Nada”. Unsur ini paling dominan terlihat dalam mendukung estetika kewangen. Sampian kewangen dari rangkaian tuesan/ rerunggitan daun kelapa yang melambangkan rasa ketulusan hati, dibuat mengikuti unsur-unsur keindahan bentuk dan dipadukan dengan bunga warna-warni serta harum serta penataan yang mengikuti komposisi seni bentuk (seni rupa) tentu akan menambah keindahan (estetika) sebuah “kewangen”.
5) Pis bolong
Pis Bolong atau uang kepeng adalah sejenis uang yang diperlukan dalam upacara keagamaan umat Hindu. Uang kepeng melambangkan sesari / sarining manah. Selain itu uang kepeng berfungsi sebagai penebus segala kekurangan yang ada. Kalau kita perhatikan dengan seksama, uang kepeng juga memiliki keindahan tersendiri yang terdapat huruf mandarin dan sanskerta pada sisi uang tersebut. Keindahan uang kepeng ini tentu juga mendukung estetika dari “kewangen”. Uang kepeng simbol dari “Windu” (O), yaitu penyatuan Siwa Budha.

2. Komposisi keindahan Kewangen
Komposisi merupakan penataan unsur-unsur yang membentuk keindahan suatu karya. Komposisi keindahan “kewangen” adalah menata atau menyusun unsurunsur dari “kewangen” itu sendiri, seperti: menata atau menyusun kojong kewangen, pelawa, porosan silih asih, pis bolong, sampian kewangen dan bunga-bunga, sehingga menjadi bentuk yang indah dan menarik.
1) Keseimbangan
Penataan unsur-unsur “kewangen” dengan memperhatikan keseimbangan antara bagian kiri dan kanan dengan menerapkan keseimbangan simetris, yaitu bagian kiri dan kanan diusahakan unsur-unsurnya memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang sama. Hal ini dilakukan agar “kewangen” tidak berkesan berat sebelah.
2) Kesatuan
Penataan unsur-unsur “kewangen” agar berkesan suatu keutuhan bentuk. Unsur yang satu menukung unsur yang lainnya sehingga tidak ada kesan yang lepas atau terpisah antara bagian-bagian dari “kewangen” itu sendiri. Penataan ini perlu dilakukan agar pandangan orang terhadap “kewangen” terfokus pada keutuhan bentuk “kewangen”.
3) Irama
Penataan unsur-unsur “kewangen” berdasarkan irama untuk menimbulkan keharmonisan bentuk “kewangen”. Penataan ini dapat dilakukan dengan mengatur gradasi bentuk, ukuran dan warna unsur, misalnya dari bentuk kecil ke bentuk yang lebih besar dan kembali ke bentuk yang kecil, atau dari warna yang terang ke warna yang lebih gelap dan kembali ke warna yang terang.
4) Proporsi
Proporsi merupakan perbandingan dalam penataan unsur-unsur pembentuk “kewangen” termasuk ketepatan penempatan posisi dari masing-masing bagianbagian dari “kewangen”, seperti penempatan sampian kewangen pada bagian belakang, pis bolong pada bagian depan, dan sebaginya. Penempatan unsur-unsur kewangen yang tepat pada posisinya tentu akan mendukung keindahan bentuk “kewangen”.

3. Hubungan bentuk, esteika dan fungsi
Kwangen berasal dari bahasa jawa kuno yaitu kata “Wangi” yang artinya harum. Mendapat awalan ‘ke’ dan akhiran ‘an’ menjadi kewangian disandikan menjadi kwangen artinya keharuman yang berfungsi untuk mengharumkan nama Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa.
Bentuk “kwangen” yang kecil dan mungil serta seolah-olah berbentuk segitiga terbalik tentu telah memperhitungkan fungsi dari “kwangen” tersebut. Fungsi yang dimaksud adalah saat digunakan untuk sembahyang, yaitu “kwangen” dipegang (dijepit) pada cakupan kedua telapak tangan tepat sejajar dengan ubun-ubun dan menghadap pada diri kita. Artinya “kwangen” nyaman digunakan saat sembahyang, tidak susah dipegang, tidak mudah jatuh dan tidak mengganggu konsentrasi. Keserasian antara bentuk dan fungsi mutlak harus dikondisikan. Keindahan suatu bentuk jangan sampai mengganggu fungsi dan sebaliknya fungsi jangan sampai menganggu bentuk. Kalau diperhatikan, pada bagian badan “kwangen” yang merupakan kojong “kwangen” dibuat polos (sederhana) tanpa hiasan, hal ini untuk memudahkan dipegang (dijepit) pada cakupan kedua telapak tangan. Demikian juga, keindahan bentuk jangan sampai tergganggu akibat salah menggunakan atau memegang “kwangen”. Keserasian bentuk dan fungsi “kwangen” akan memberikan kepuasan bathin saat memandangi estetika “kwangen”, seperti dapat menimbulkan kesenangan, menyejukkan pikiran, dan kedamaian hati. Demikian juga saat digunakan untuk sembahyang dapat memberikan kekusukan dan kesucian bathin. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa estetika “kwangen” nampak pada bentuknya yang kecil dan mungil yang tersusun atas komposisi unsur-unsur yang indah dan bermakna simbolik serta dihiasi dengan bunga-bunga yang harum. Keindahan (estetika) kewangen memiliki keserasian bentuk dan fungsi sehingga nyaman digunakan pada saat sembahyang baik secara fisik maupun bathin.
Kwangen digunakan sebagai sarana dalam upacara yaitu sebagai pelengkap upakara / bebantenan. Kwangen paling bangak digunakan dalam upacara persembahyangan. Selain itu juga sebagai pelengkap dalam upakara untuk upacara Panca Yadnya.
Dewa Yadnya, sebagai pelengkap Banten Tetebasan, prascita, dan berbagai jenis sesayut.
Rsi Yadnya, juga sebagai pelengkap Banten Tetebasan.
Pitra Yadnya, dipakai dalam upacara menghidupkan mayat secara simbolis untuk diupacarakan yaitu pada setiap persendian tubuhnya.
Manusia Yadnya, digunakan pada setiap upacara ngotonin, potong gigi, perkawinan, dan pelengkap banten.
Bhuta Yadnya, digunakan dalam upacara memakuh, macaru, dll
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisU_WXTI9vidTxGicsWicY_rkMgab6HqFUWGYy-uuIN7h8AspjWNUeJ-02ZZIVbMj_6YPoUBp01q_cHsvDMXeaNXxsP6tT8UzVJ8V361pmztCTZ6FHEHwFRflgkd-ovZtoa_rPO2fR-ipO/s320/canangsari01.jpg


Sumber:

Kamis, 19 Juli 2012

Sejarah Banten di Bali dan Aspek Upacara Hindu


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqGuzpZ-wccomSMgTkhcfZCkJoKWWSYypGmCp_Ka2Ydp3zpPSVSvX-Y-kse9U7ZSn_a08VWeOejAtWXLpt1B_bs9y77xuse8Rl0-1-F6XhxEHOmhrV0GpzJMUFzr2fD8Ya8WjXsUJGYqJq/s320/canangsari01.jpg
Sejarah Banten di Bali 

Membaca sejarah/babad/prasasti-prasasti/pelelutuk yang ada di Bali (antara lain: Markandeya Tattwa, Tutur Kuturan, Sanghyang Aji Swamandala, Gong Besi, Dwijendra Tattwa), maka: Upakara yang juga dinamakan: banten, bali, hanya bagi umat Hindu yang di Bali, atau bagi umat Hindu Bali yang merantau keluar Bali.
Sebabnya, Maharsi Markandeya yang datang ke Bali pada abad ke-8 mendapat wahyu bahwa umat Hindu di Bali perlu:
1. Melengkapi upakara dengan bentuk sesajen, yang kemudian bernama bali. Jadi nama bali berasal dari artinya yaitu : sajen/banten/upakara. Orang yang memuja Tuhan dengan sarana banten/bali dinamakan orang Bali. Tempat mereka tinggal dinamakan tanah/pulau Bali.
2. Pada awal kedatangan Maharsi Markandeya, beliau tidak tahu bahwa tata-cara di Bali harus menggunakan banten/upakara. Maka pengikutnya yang berjumlah 400 orang terkena bencana dan meninggal dunia.
Beliau kemudian kembali ke Gunung Raung, bersamadhi, di situlah beliau mendapat 'petunjuk' dari Yang Maha Kuasa, bahwa Bali jangan disamakan dengan pulau lain. Maka beliau kembali ke Bali, melakukan ritual sesuai dengan 'petunjuk' menggunakan banten dan 'mendem panca datu' di Besakih. Selamatlah beliau beserta pengikutnya, dan berkembanglah banten di Bali.
Umat Hindu dari etnis lain di luar Bali, silahkan menggunakan tradisi mereka masing-masing, jangan dipaksakan menggunakan banten, karena sejak dahulu kala, Hindu di Jawa/Majapahit menggunakan sesajen yang berbeda dengan banten di Bali.

ASPEK UPACARA HINDU

Upacara dalam Bahasa Sanskrit berasal dari kata Upa yang artinya "dekat" dan Cara yang artinya "kegiatan". Jadi Upacara arti sempitnya adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka berbakti atau mendekatkan diri kepada Tuhan. Arti sempit ini kemudian berkembang sehingga dalam bahasa sehari-hari, upacara tidak saja berarti kegiatan dalam lingkup keagamaan, tetapi juga kegiatan seremonial di bidang lain.
Tiga aspek yang menjadi kerangka Agama Hindu adalah : Tattwa, Susila, dan Upacara.
Tattwa membentuk pola pikir manusia tentang pemahaman filsafat Veda
Susila menggerakkan dan mengendalikan perilaku berdasar Tattwa
Upacara ritual yang menguatkan keyakinan Tattwa

Ketiga aspek itu menyatu dan saling berkaitan sehingga bila salah satu aspek lemah atau tidak ada maka kehidupan beragama tidak berjalan sempurna. Penonjolan salah satu aspek dari tiga kerangka Agama Hindu mencerminkan dua hal pokok yaitu kemampuan inteligensi dan "marga" yang digunakan dalam mencapai kesehatan spiritual.
Catur Marga adalah empat "jalan" menuju Tuhan yaitu Bhakti Marga, Karma Marga, Jnana Marga, dan Yoga Marga. Aspek Upacara bisa sangat menonjol pada Bhakti Marga sedangkan pada Marga-marga lainnya masalah ritual tidak terlalu diperhatikan. Walaupun demikian, dengan berbagai Marga manusia Hindu dapat mencapai Tuhan karena Veda telah menyediakan alternatif yang paling sesuai di mana pada hakekatnya ke-empat Marga dapat digunakan secara serentak dengan perimbangan bobot menurut kemampuan masing-masing.
Inilah salah satu ciri kebesaran Agama Hindu sebagaimana disebutkan dalam Bhagavadgita IV.11 : "Ye yatha mam prapadyante, tams tathai va bhajamy aham, mama vartma nuvartante, manusyah partha savasah" : Dengan jalan bagaimanapun orang-orang mendekati, dengan jalan yang sama itu juga Aku memenuhi keinginan mereka. Melalui banyak jalan manusia mengikuti-Ku, O Partha.
Aspek Upacara sangat berkaitan dengan Panca Yadnya, yaitu Deva Yadnya, Rsi Yadnya, Pitra Yadnya, Bhuta Yadnya, dan Manusia Yadnya. Dalam Manava Dharmasastra III.73 disebut sebagai : Ahuta, Huta, Prahuta, Brahmahuta, dan Prasita. Yadnya adalah bhakti dalam bentuk pengorbanan suci yang tulus ikhlas.
Yadnya diadakan karena hidup manusia berawal dari adanya Rna atau "hutang" kepada tiga pihak yaitu :
1. Deva Rna, hutang kepada Tuhan yang telah memberi kesempatan pada Atman untuk bereinkarnasi dalam kehidupan.
2. Pitra Rna, hutang kepada orang tua yang telah melahirkan dan memelihara.
3. Rsi Rna, hutang kepada para Maha Rsi yang telah memberikan pengetahuan Veda.

Upacara Panca Yadnya menggunakan Upakara, dari Bahasa Sanskrit di mana Upa artinya "dekat" dan Kara artinya "tangan" yaitu sesuatu yang dikerjakan dengan tangan dalam mewujudkan Bhakti. Bentuk upakara adalah sesajen dan sarana pendukungnya.
Unsur-unsur Upakara adalah : bunga, air, api, biji-bijian/buah-buahan dan harum-haruman. Kelima unsur ini disebut Panca Upakara, sebagai pengembangan dari sloka Bhagawadgita IX.26 : “Pattram puspam phalam toyam, yo me bhaktya prayacchati, tad aham bhaktyupahrtam, asnami prayatatmanah”. : Siapapun yang dengan kesujudan mempersembahkan pada-Ku daun, bunga, buah-buahan, atau air, persembahan yang didasari oleh cinta dan keluar dari hati suci, Aku terima. Penggunaan api disebutkan dalam Manava Dharmasastra III.76 : “Agnau prastahutih samyag adityam upatistate, adityajjayate vrstir vristerannam tatah prajah” : Persembahan yang dijatuhkan ke dalam api akan mencapai matahari, dari matahari turunlah hujan, dari hujan timbullah makanan, dari mana mahluk mendapatkan hidupnya.
Upakara berupa sesajen dan sarana pendukungnya adalah simbol atau Niyasa. Mencakup jenis yang banyak karena berkembang lebih jauh berdasarkan tafsir-tafsir para Maha Rsi. Dari bentuk dasar berupa Panca Upakara menjadi berbagai variasi, ornamen, warna, dan tatanan, selanjutnya menyatu dalam tradisi yang membudaya.
Dari sini berkembanglah berbagai jenis sesajen yang terdiri dari unsur tumbuh-tumbuhan dan penggunaan warna-warna tertentu menurut ciri dan kedudukan Dewa-Dewa di arah mata angin, yaitu : Iswara di timur berwarna putih, Brahma di selatan berwarna merah, Mahadewa di barat berwarna kuning, dan Wisnu di utara berwarna hitam. Selanjutnya Dewa dan warna-warna sela : Mahesora di tenggara berwarna merah muda, Rudra di barat daya berwarna oranye, Sangkara di barat laut berwarna hijau, Sambhu di timur laut berwarna abu-abu dan Siwa di tengah-tengah berwarna campuran.
Upakara sebagai simbol atau Niyasa dalam bentuk sesajen dapat berfungsi sebagai :
1. Kekuatan Tuhan,
2. Wujud bhakti,
3. Prasadam/ Lungsuran/ Surudan,
4. Sarana pensucian roh,
5. Mantra.

Sebagai kekuatan atau Sakti Tuhan misalnya niyasa yang disebut sebagai Daksina, banyak digunakan di India dan Nusantara; sebagai wujud bhakti, antara lain berbagai jenis sesajen persembahan; sebagai Prasadam adalah makanan-minuman yang telah diberkati; Sarana pensucian roh banyak digunakan pada upacara Sraddha baik berupa bunga, air dan api; kemudian Mantra-Mantra dapat pula diwujudkan dalam bentuk ornamen dan sesajen tertentu, atau kain dengan warna tertentu bertuliskan aksara-aksara suci misalnya OM, Ang, Ung, Mang, dll. Selain itu Niyasa dalam bentuk bangunan misalnya Pura/Mandir, dan patung/arca.
Pedoman dasar upacara Agama Hindu disebut dalam Weda sebagai Brahmana (Karma Kanda), dan Aranyaka/ Upanisad (Jnana Kanda). Kitab-kitab yang tergolong Karma Kanda dari Rg Weda adalah Aiteraya dan Kausitaki, dari Sama Weda adalah Pancavimsa dan Sadvimsa, dari Yayur Weda adalah Satapatha dan Taittiriya, dari Atharwa Weda adalah Gopatha. Kitab-kitab yang tergolong Jnana Kanda dari masing-masing Samhita jumlahnya puluhan buah.
Upacara-upacara yang berkaitan dengan Rg Weda Samhita meliputi arti kedudukan yang penting dari Div (sinar suci), dan prosedur pemujaan yakni urutan pengucapan mantra. Yang berkaitan dengan Yayur Weda Samhita, baik Sukla Yayur Weda maupun Krsna Yayur Weda adalah upacara korban dan penjelasan mistisnya. Yang berkaitan dengan Sama Weda Samhita adalah cara atau irama suara di kala mengucapkan mantra, dan yang berkaitan dengan Atharwa Weda Samhita menyangkut cara memanfaatkan pengetahuan untuk kehidupan dan kesehatan.
Upakara yang di Bali disebut Banten. Banten mula-mula dikenalkan oleh Maharsi Markandeya sekitar abad ke-8 kepada penduduk di sekitar pertapaan beliau di Desa Puakan, Taro (sekarang Kecamatan Tegallalang, Gianyar). Jenis simbol/niyasa ini adalah pengganti Mantra, sebagaimana disebutkan dalam Lontar Yajnya Prakerti dan Mpu Lutuk. Jadi banten dikembangkan kepada umat Hindu yang tidak menguasai mantra-mantra dalam kegiatan bhaktinya. Banten itu dahulu dinamakan Bali, sehingga orang-orang yang melakukan upacara persembahyangan menggunakan Banten disebut orang Bali. Lama kelamaan ajaran Maharsi Markandeya ini berkembang ke seluruh pulau maka jadilah nama pulau kecil ini : PULAU BALI

Sumber: disadur dari wacana Bhagawan Dwija
SEKILAS TENTANG SUDHIWADANI


Oleh: Ida Pandita Dukuh Acharya Dhaksa

Pada zaman global kini saya melihat beberapa tantangan akan dihadapi warga Hindu di Indonesia, tak terkecuali di Bali. Untuk itu, orang Hindu harus mampu memberikan jalan keluar cerdas sehingga aturan agama tetap teguh dijalankan. Di sisi lain keinginan orang lain memeluk Hindu pun tak patut dihalangi. Sehubungan dengan tantangan ke depan inilah saya ingin menanyakan beberapa hal kepada Ida Pandita.
1. Ada wanita pemeluk Hindu melangsungkan perkawinan dengan orang Barat yang non-Hindu. Pasangan ini menikah di negeri Barat lewat prosesi upacara bukan Hindu. Jika kedua mempelai sepakat tinggal di Bali dan memilih ikut agama Hindu, kemudian memiliki anak, bagaimana supaya anaknya bisa diupacarai layaknya warga Hindu di Bali?
2. Ada wanita Hindu kawin dengan orang Barat dan menikah di negeri Barat juga dengan cara non-Hindu. Seandainya pasangan ini bercerai dan si wanita bersama anaknya memilih tinggal di Bali, bagaimana agar anaknya bisa diupacarai secara Hindu di Bali?
3. Bila wanita Bali mempunyai anak di luar perkawinan (berdasarkan hasil kumpul kebo) dengan orang Barat, bagaimana cara supaya si anak ini bisa diberikan upacara yang lengkap sebagai orang Hindu Bali?
4. Jika ada wanita Bali memiliki anak di luar perkawinan (hasil hubungan kumpul kebo) bersama orang Barat, tapi saat ini pasangan itu sudah pisah. Bagaimana caranya agar anaknya bisa diberikan upacara yang lengkap sebagai orang Hindu Bali?
Itulah beberapa persoalan yang saya lihat dan tak mustahil akan terjadi di Bali atau dialami oleh orang Bali.


Lembaga umat Hindu, seperti Parisada, sudah memutuskan dan menetapkan proses yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang berkeinginan memeluk agama Hindu. Aturan tersebut, antara lain, diatur dalam keputusan Mahasabha Parisada. Proses yang dilakukan sesuai dengan pertanyaan Saudara yang pertama, yakni bila ada pemeluk Hindu (orang Barat) sedangkan pasangan ini menikah di Barat dengan proses non-Hindu, kemudian mereka berkeinginan memeluk agama Hindu dan menetap di Bali, maka harus diawali dengan proses upacara sudhiwadani, yakni suatu proses pengesahan seorang non-Hindu untuk menjadi pemeluk Hindu. Upacara ini sangat sederhana dan dapat diambil dari tingkatan paling kecil, seperti byakala, prayascitta, pangulapan, pabersihan, dan banten ayaban. Sarananya bisa berupa canang sari, atau yang lebih besar dalam wujud banten daksina pejati. Jadi, dengan upacara sudhiwadani seseorang yang ingin memeluk agama Hindu sudah dianggap sah secara Hindu.
Seandainya ada wanita Hindu kawin dengan orang Barat dan menikah di negeri Barat lewat cara non-Hindu, kemudian pasangan ini bercerai dan si anak diserahkan kepada ibunya. Jika ibu beserta anaknya ingin memeluk agama Hindu, maka proses yang harus dilakukan selain disahkan lewat upacara sudhiwadani adalah mesti melewati upacara manusa yajnya, layaknya warga Hindu di Bali. Antara lain: upacara abulan pitung dina (42 hari), tiga bulan (105 hari), enam bulan (210 hari). Ini bisa dilakukan bertahap. Itu kalau memungkinkan.
Berbeda halnya kalau perceraian itu terjadi ketika anaknya sudah remaja, maka upacara pengesahan dari lahir hingga upacara ngotonin (enam bulanan), dapat dilakukan sekaligus, bersamaan dengan upacara sudhiwadani. Prosesinya juga sederhana. Contoh, dalam prosesi tiga bulanan. Saat ini juga dilakukan pengesahan nama si anak melalui upacara. Kalau toh sebelum usia tiga bulan atau 105 hari, sesuai kalender Bali, anak bersangkutan sudah memiliki nama lengkap yang dibuktikan lewat akte kelahiran yang dikeluarkan Dinas Catatan Sipil, maka nama tersebut tak perlu lagi diubah. Apa yang tertera di akte kelahiran, itulah yang dipergunakan dalam upacara tiga bulanan. Untuk upacara lain, sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Tak mesti bermegah-megah kalau hal tersebut memang tak memungkinkan dilakukan.
Menyangkut pertanyaan ketiga, yakni seorang wanita Bali mempunyai anak di luar perkawinan berkat hasil hubungan gelap (kumpul kebo) dengan orang non-Hindu, kemudian ada keinginan supaya si anak ini dapat diberikan upacara lengkap selayaknya orang Hindu di Bali. Kalau saja proses upacara perkawinan kedua pasangan ini bisa dilangsungkan dan sah menurut agama, tentu kasus yang Saudara ajukan terselesaikan secara elok. Anak yang lahir tersebut sah secara hukum maupun agama. Bukan sebagai anak bebinjat.
Berbeda jika pasangan kumpul kebo ini tak mau melangsungkan perkawinan baik secara aturan Hindu ataupun mengikuti ketentuan agama pasangan kumpul kebonya. Jalan keluar yang mungkin diambil: wanita yang melahirkan anak di luar nikah ini bisa mencari seorang calon wali anaknya. Sebab, dalam proses perkawinan harus ada wali yang mungkin akan mengangkat si anak tanpa ayah sah itu. Misalkan, dengan keluarga dekat atau orang-orang yang memang secara sukarela mau melakukan itu sehingga si anak menjadi sah menurut agama.
Kalau tak ada pihak laki yang menjadi wali dan mengangkat si anak, bisa mengikuti sila, yaitu aturan-aturan yang bisa kita lihat pada zaman kerajaan dulu, di mana wanita yang hamil di luar perkawinan bisa melakukan proses perkawinan dengan simbol tertentu yang ditentukan agama. Misalkan, dengan keris. Cuma, bila ini dihubungkan dengan hak asasi manusia, tentu ada sedikit benturan. Sebab, ada keganjilan: manusia kok dikawinkan dengan simbol-simbol agama tertentu. Adapun aturan yang berlaku pada kalangan warga Hindu di Bali menentukan bahwa seorang anak dianggap sah kelahirannya secara adat, terlebih dari sudut agama Hindu, jika orangtuanya telah melalui prosesi perkawinan. Di sinilah para cendekiawan Hindu ke depan perlu memikirkan lebih seksama lagi perihal hak seorang ibu untuk memelihara anaknya, sebagai orangtua seutuhnya. Selanjutnya, pertanyaan Saudara keempat, memiliki keterkaitan dengan pertanyaan kedua. Proses yang harus dilalui, yakni dengan upacara sudhiwadani, dan upacarai anak bersangkutan layaknya orang Hindu dari semenjak lahir hingga dewasa.

Sumber:  "MAJALAH SARAD BALI" di kolom Sasa Multiply 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar